Selasa, 20 Agustus 2013

Filled Under:

Poster itu apa sih sebenarnya?

Share
Poster adalah selembar kertas yang di cetak, di design dan kemudian ditempelkan ke dinding baik secara vertikal atau horisontal. Biasanya design poster terdiri dari teks dan gambar, walau bisa saja hanya terdiri dari gambar atau teks saja.

Poster dibuat dengan aneka design yang kaya warna atau eye catching sehingg mampu menarik orang untuk membaca atau melihatnya. Oleh karena itulah poster banyak digunakan untuk iklan, promosi informasi atau pengenalan peraturan, sebagai seni dan sebagainya. 

Ukuran poster secara standar internasional adalah :

1. A0 : 118.9 x 84.1 cm
2. A1 : 84.1 x 59.4 cm
3. A2 : 59.4 x 42 cm
4. A3 : 42 x 29.7 cm
5. A4 : 29.7 x 21 cm

Awalnya bahan yang umum digunakan untuk poster adalah KERTAS, tetapi seiring perkembangan zaman maka banyak bahan sintetis yang digunakan untuk membuat poster mulai dari easy banner, trisolve, albatros, canvas, board, kayu dan sebagainya. 
Bahkan dengan konsep seni maka sebuah poster bisa dibuat dari aneka bahan sisa atau potongan bahan yang awalnya tak terpakai.

Jadi poster itu akan berbeda harga jika bahannya semakin bagus, biasanya kalo dalam jumlah banyak orang lebih memilih menggunakan bahan kertas seperti art paper atau art karton. Dimana bahan ini tidak memiliki kekuatan yang lama karena sifat kertas yang mudah rusak apalagi jika ditaruh di luar.

Tetapi jika nilai seni yang dikejar maka kebanyakan poster akan dibuat dengan bahan istimewa dan bahkan ada yang dibingkai atau dibuat panel sehingga harga poster pun akan menjadi lebih mahal.

Sama seperti produk-produk cetakan lainnya, poster akan semakin indah jika designnya indah dan itu sangat ditentukan oleh siapa yang membuat poster itu. So tidak serta merta jika anda bilang poster akan jadi poster yang indah, kita harus buat konsepnya dulu, trus buat filenya dan koreksi, preview di monitor dan jika memang sudah indah pasti pas keluar dari mesin printing juga akan indah posternya.

RONIta sebagai salah satu perusahaan digital printing juga memiliki layanan cetak poster di aneka bahan dengan berbagai mesin. Mulai dari art paper, art karton, easy banner, albatros, canvas, silk banner sampai kayu juga bisa kami kerjakan.

So bagi sobat RONIta yang membutuhkan layanan cetak poster bisa menghubungi kami atau datang langsung ke workshop.

0 komentar:

Posting Komentar