Selasa, 20 Agustus 2013

Filled Under:

Sistem Usaha dan Sarana Komunikasi

Share
- Sistem usaha adalah semacam panduan bagi seluruh crew termasuk saya sendiri bagaimana menghandle ronita, bagaimana mengatur dan membagi tugas serta bagaimana jika ada masalah dan kendala. Sistem usaha ini ibarat chain atau tali penghubung semua manusia dan mesin yang ada di SEULANGA GROUP.

Tentunya sistem usaha tidak dibangun dalam waktu singkat tetapi harus dicanangkan sejak usaha di mulai. Awalnya sistem usaha pasti kecil atau simpel sesuai ukuran usaha, semakin besar usaha dan semakin banyak yang dikerjakan maka sistem usaha juga akan semakin kompleks. Saat sistem usaha semakin kompleks maka semakin banyak tool atau alat bantu bagi kita mengontrol semuanya yaitu laporan usaha. Contohnya ya laporan rugi laba, laporan kegiatan produksi harian dan sebagainya

- Sarana Komunikasi adalah lem atau perekat antara kita dengan sistem usaha kita, misal internet, telpon, sms dan sebagainya. Ibaratnya begini, saat mesin motor dinyalakan maka pertama kali yang memantik api adalah sistem kelistrikannya dan selanjutnya busi yang akan melakukan pengapian terus menerus. Nah begitu juga sistem usaha, saat di awal yang njalanin kita tapi seiring waktu kita harus berada di luar sistem itu tapi tetap menjadi bagian dari sistem untuk terus memberi pengapian, memperbaiki kekurangan, menganalisa yang mana keunggulan dan seterusnya. Nah pekerjaan itu bisa kita lakukan dengan adanya sarana komunikasi yang mudah seperti saat ini. Intinya kita harus berkomunikasi dengan crew2 yang berada di dalam sistem usaha kerja kita

Sebenarnya itu saja kalo menurut saya dan kalo sistem usaha berjalan maka mau kita di dekat usaha kita atau jauh sekalipun semua bisa dikontrol dengan baik.

Sebenarnya yang harus ditanyakan adalah :

"Saya sudah nongkrong 24 jam di tempat usaha saya tetapi kenapa kok usaha begini-begitu saja ya?"

Jadi kalo anda merasa terjebak di dalam workshop anda dan tidak punya waktu untuk memikirkan hal lainnya maka saat itu sebenarnya sistem usaha anda sudah tidak jalan.

So..sekali lagi sistem usaha menjadi penting jika sudah begini kan...

0 komentar:

Posting Komentar